Bisnis yang Tidak Lagi Berjalan Sama

Selasa, 19 Mei 2020

Makmur Bakery adalah sebuah bisnis kelompok yang diprakarsai oleh Disable People Organization (DPO)  di Kecamatan Bagelen, Jawa Tengah. Bisnis ini berhasil mendukung orang dengan disabilitas yang ada di DPO tersebut untuk berkegiatan produktif. Keberadaan Makmur Bakery sudah diakui oleh banyak pemangku kepentingan termasuk masyarakat dan pemerintah daerah. Bisnis utama Makmur Bakery adalah memproduksi kue dan biskuit yang berfokus pada kuliner tradisional Purworejo.

Bisnis ini cukup berhasil dalam mendukung kehidupan anggota DPO dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Mereka dapat melibatkan sekitar 10 orang dengan disabilitas serta orang-orang non-cdisabilitas di sekitar lingkungan mereka. Dengan dukungan penuh yang diberikan oleh banyak orang di sekitarnya, mereka dapat meningkatkan dan memasarkan produk mereka melalui toko offline dengan omset hampir Rp 400.000 hingga 600.000 per minggu. Mereka juga aktif mengikuti banyak pameran yang diadakan oleh perusahaan mikro hingga menengah di tingkat kecamatan dan biasanya mampu menjual 60 - 100 bungkus per acara serta menggunakan banyak acara yang ada di masyarakat seperti upacara pernikahan atau 'hajatan' (sunat).

Selama wabah COVID-19, hal ini memang memberikan efek luar biasa pada Makmur Bakery. Karena pemerintah Indonesia sekarang sedang menjalankan pembatasan fisik untuk meminimalkan dampak penyebaran COVID-19, hal ini membuat Makmur Bakey harus menutup toko offline mereka dan kehilangan pendapatannya. Tidak boleh ada acara yang dijalankan dari badan pemerintah, sektor swasta juga pribadi. Itu berarti tidak ada pesanan untuk toko roti. Karena situasi baru-baru ini terjadi, banyak dari mereka memutuskan untuk tinggal di rumah, membantu orang tua atau keluarga mereka seperti yang mereka bisa. Beberapa dari mereka bahkan menganggur.

Untuk mengurangi beban tersebut, Pusat Rehabilitasi YAKKUM mendistribusikan makanan dan pasokan benih bagi mereka untuk memulai pertanian sederhana di rumah mereka masing-masing. Kami sangat berharap bahwa dukungan ini dapat membantu mereka meningkatkan ketahanan pangan dalam menghadapi situasi yang sulit ini dengan harapan bahwa situasi ini akan berlalu dan semua orang mendapatkan peluang untuk memulai semuanya dari awal. Begitu juga untuk Makmur Bakery.