#TendangStigma: Kampanye Kesehatan Jiwa Melalui Olahraga Sepakbola

Selasa, 24 Januari 2023

Bertepatan dengan momen Piala Dunia 2022 dan memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh setiap tanggal 3 Desember, Pusat Rehabilitasi YAKKUM dan Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) yang didukung oleh CBM Global dan Australian Aid menyelenggarakan pertandingan persahabatan antara Orang Dengan Disabilitas Psikososial warga binaan Balai Rehabilitasi Sosial Bina Laras Yogyakarta (BRSBL) dan tujuh (7) pemain tim Perserikatan Sepakbola Sleman (PSS) di Maguwoharjo Football Park. Pertandingan persahabatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Bina Laras beserta jajaran, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan Manajemen PT Putra Sleman Sembada sebagai legalitas klub PSS Sleman.

Inovasi dan solusi transformatif untuk pembangunan yang inklusif merupakan tema HDI 2022. Salah satu topik tematik dari tema besar tersebut menyoroti olahraga sebagai wadah di mana seluruh aspek kehidupan dapat menyatu dan tempat di mana inovasi, lapangan kerja dan kesetaraan dapat terwujud.[1] Dengan mengangkat tagar #TendangStigma, kegiatan ini berupaya menghapuskan stigma yang melekat pada orang dengan disabilitas, khususnya Orang Dengan Disabilitas Psikososial, di mata masyarakat melalui ajang olahraga. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan jiwa, menumbuhkan semangat olahraga sebagai bentuk pencegahan gangguan jiwa dan mewujudnyatakan kesetaraan bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial di tengah masyarakat.

Eko Harsono selaku Project Manager Open the Gate mengapresiasi PSS yang telah memberi ruang bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial untuk bisa bermain bersama PSS dalam Fun Football serta kepada Dinas Sosial DIY dan Balai Rehabilitasi Sosial Bina Laras yang telah memberi dukungan dan semangat untuk mendorong balai menjadi lebih terbuka. Ia menyampaikan bahwa Pusat Rehabilitasi YAKKUM akan terus mengawal pemenuhan hak Orang Dengan Disabilitas Psikososial agar dapat hidup secara inklusif di tengah masyarakat.

Tonton video lengkap Fun Football #TendangStigma di kanal Youtube kami atau klik tautan ini.

 

[1]https://www.un.org/development/desa/disabilities/news/uncategorized/international-day-of-persons-with-disabilities-2022.html#:~:text=The%20theme%20this%20year%20is,an%20accessible%20and%20equitable%20world%E2%80%9C.