Suamiku, Pahlawanku

Aku Nita, seorang istri dengan penuh semangat mendidik anak dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Saat ini aku hidup bersama suami dan anak sematawangku di Desa Sidomoyo. Trauma terhadap kecelakaan membuatku menjadi disabilitas psikososial. Kehidupanku dulu tidak sebaik sekarang. Namun berkat suamiku, aku dapat kembali pulih.

Selengkapnya

Kepala Desa Temon Wetan Ajak Warga Lebih Peduli Pada Disabilitas Psikososial

Kepedulian Kepala Desa mengajak warganya untuk peduli dan bertanggung jawab sebagai caregiver bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial, merupakan contoh nyata praktik rehabilitasi sosial berbasis masyarakat. Desa Temon Wetan adalah salah satu desa dampingan Projek Ceplery di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, sejak tahun 2017. Tercatat, 12 Orang Dengan Disabilitas Psikososial yang didampingi dan 4 orang kader kesehatan jiwa.

Selengkapnya

Peran Pusat Rehabilitasi YAKKUM dalam Program Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) adalah lembaga non-pemerintah yang didirikan pada tanggal 16 November 1982. Visi lembaga kami adalah orang dengan disabilitas terpenuhi hak-hak dasarnya secara holistik dalam masyarakat yang inklusif melalui layanan yang berkualitas, terjangkau dan terintegrasi dalam kerangka SDGs oleh PRY yang mandiri dan bertumbuh. Sejak awal didirikannya, fokus pelayanan kami masih pada penyandang disabilitas fisik dengan menggunakan dua pendekatan guna memastikan terwujudkan visi lembaga bagi pemenuhan hak orang dengan disabilitas yaitu Rehabilitasi Berbasis Institusi dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat.

Selengkapnya

Kelurahan Siaga Sehat Jiwa

6 Maret 2020 Pusat Rehabilitasi YAKKUM bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Bappeda, dan Dinas Sosial bersama-sama berdiskusi untuk penyusunan Buku Panduan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa yang nantinya akan digunakan bagi Pemerintah, Kader, dan pemangku kebijakan lain untuk bisa mendampingi dan memfasilitasi dan mendampingi Orang Dengan Disabilitas Psikososial di Kota Yogyakarta.

Selengkapnya

Program Perlindungan Sosial bagi Difabel di Indonesia: Charity atau berdasarkan HAM [Sebuah perbandingan dari Program Perlindungan Sosial di Australia]

Mendengar kata asuransi, pikiran saya langsung terhubung dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan), KIS (Kartu Indonesia Sehat), PBI (Peserta Bantuan Iur) serta sederetan nama-nama perusahaan yang menyediakan jasa asuransi swasta di Indonesia.

Selengkapnya

Taman Curhat : Tempat Berbagi Cerita dan Bercengkerama

Tahukah kamu, data WHO menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang berpotensi mengalami gangguan jiwa dan setiap 40 detik diluar sana ada orang melakukan upaya bunuh diri. Mulailah untuk menyuarakan beban pikiranmu dengan orang terdekat dan mendengarkan mereka yang berkeluh kesah padamu. Untuk itulah kami menyuarakan gerakan untuk berani membagi bebanmu kepada orang lain sebagai salah satu upaya pengurangan angka bunuh diri. Di Kulon Progo, kami membuat Taman Curhat sebagai sarana mengkampanyekan pentingnya berbagi keluh kesah, dan masalah.

Selengkapnya

Cerita Marni yang Kini Mandiri

Kini, saya dijadikan kader kesehatan oleh Puskesmas Awaru sebagai penyuluh PHBS di Sekolah Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah. - tidak menyangka saya juga bisa memberikan penyuluhan, ikut andil seperti petugas atau perawat-. Juga telah menjadi delegasi desa pada musrenbang kecamatan sekaligus menjadi Tim Perumus RKP Desa Mallari.

Selengkapnya

Akhirnya Aku Mendapatkan Hidupku Kembali

Akhirnya aku mendapatkan hidupku kembali. Orang orang disekitarku mau menerima aku apa adanya setelah mereka terlibat dalam rehabilitasi jiwa berbasis masyarakat. Saat ini aku mampu menjadi seorang pengajar Bahasa Inggris dan menjadi narasumber di berbagai acara. Yang lebih penting lagi saat ini aku merasa mampu melakukan hal hal yang tidak dapat aku bayangkan sebelumnya. - (Desty, 31 Tahun Orang dengan Disabilitas Psikososial)

Selengkapnya

Nyalakan Api : Music Video

Kami berkolaborasi dengan musisi asal Yogyakarta, Marzuki Mohamad atau yang biasa dikenal sebagai Kill The DJ untuk membuat sebuah video klip yang digunakan untuk kampanye isu inklusi sosial.

Selengkapnya

Barista Inklusif : Brewbagi

Barista, ketika kita mendengar kata tersebut, yang ada di pikiran kita pasti merujuk ke cafe, kopi, dan latte artnya yang instagrammable untuk diabadikan dengan smartphone kita masing-masing. Selain itu, bagi sebagian anak muda, banyak dari mereka yang menganggap Barista itu keren, cool, dan merupakan salah satu profesi yang bergengsi saat ini.

Selengkapnya

Mitra Kami