Buku Panduan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat Untuk Disabilitas Psikososial

Buku "Rehabilitasi Berbasis Masyarakat untuk Disabilitas Psikososial" disusun berdasarkan pengalaman pendampingan Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Pengembangan konseptual dan rekomendasi program didasarkan pada kajian Community Based Rehabilitation yang disusun oleh WHO. Buku panduan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan tentang RBM kepada para stakeholder di tingkat desa, sekaligus memberikan panduan dasar cara mengimplementasikannya di masyarakat.

Selengkapnya

Berbagai Tokoh Agama Berkumpul Untuk Membahas Isu Kesehatan Jiwa

Sudah bukan waktunya problem kesehatan jiwa dipandang sebagai aib yang terus disembunyikan, tetapi menjadi masalah kemanusiaan yang perlu segera ditangani karena situasinya darurat, himbauan para pemimpin agama yang hadir dalam Sarasehan Isu Kesehatan Jiwa bersama Tokoh Lintas Agama

Selengkapnya

Annual Report 2020

Annual Report 2020

Selengkapnya

Buku Panduan Cerdas Mendampingi ODDP

Buku Cerdas Mendampingi ODDP

Selengkapnya

Buku Panduan Menuju ODDP Yang Berdaya dan Mandiri

Buku Panduan Menuju ODDP Yang Berdaya dan Mandiri

Selengkapnya

Shelter Inklusif Pusat Rehabilitasi YAKKUM Tanggap COVID-19

Lonjakan kasus positif COVID-19 di Yogyakarta pada tahun 2021 mengakibatkan krisis tempat isolasi di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan bagi penderita COVID-19. Shelter-shelter yang dibangun sebagai tempat isolasi mandiri pun semakin penuh. Pemerintah dan berbagai pihak kemudian berupaya dengan bergotong royong mendirikan lebih banyak shelter yang mampu menampung penderita COVID-19.

Selengkapnya

Menuju Rehabilitasi yang Lebih Terbuka bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial

Mulai tahun 2022, Pusat Rehabilitasi YAKKUM mengembangkan pendampingan bagi orang dengan disabilitas psikososial yang tinggal di balai rehabilitasi sosial melalui program Open the Gate. Program pendampingan ini disambut baik oleh berbagai pihak, di antaranya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas selaku Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dari DIY dan Dinas Sosial DIY.

Selengkapnya

DESA INKLUSI PURWOREJO - Pusat Rehabilitasi YAKKUM

Desa Inklusif dicanangkan oleh Kementrian Desa sejak tahun 2018 yang belum diimbangi dengan implementasi secara aktual atas peraturan tersebut ditingkat desa sebagai pemangku kepentingan utama.

Selengkapnya

Ride For Inclusion: Perjalanan Mengumpulkan Praktik Baik Desa Inklusi di Purworejo

Dalam perjalanan di beberapa desa di Purworejo, kami bersama dengan tim RFI mengumpulkan praktik-praktik baik yang sudah dilakukan di desa, mulai dari pelibatan orang dengan disabilitas dalam kegiatan bermasyarakat, perencanaan pembangunan desa, hingga bagaimana desa mampu melakukan penganggaran yang lebih inklusif untuk mendukung orang dengan disabilitas untuk lebih mandiri dan berdaya.

Selengkapnya

Unduh Policy Brief: Layanan Publik Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Pusat Rehabilitasi YAKKUM membuat dokumen Policy Brief tentang Layanan Publik Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat : Investasi Membangun Ekosistem Sehat Jiwa yang Komprehensif di DIY

Selengkapnya

Mitra Kami